Ditemukan, Plastik dari Gula
Memuat...

Ditemukan, Plastik dari Gula

Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat,
silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain. AYO.. Beritahu Teman- teman kita
Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Sampah plastik menjadi masalah besar dunia karena bahan ini sulit diurai oleh alam. Kini, peneliti dari ilmuwan Inggris mampu membuat plastik dengan bahan dasar gula.


Seperti dikutip dari Telegraph, Penemuan ini diharapkan mampu menggeser penggunaan plastik berbahan dasar minyak bumi. Plastik buatan peneliti Inggris itu bahkan bisa dibuat kompos bersama bahan organik lainnya.


Ilmuwan dari Imperial College London mentransformasi senyawa gula yang ditemukan pada pohon dan rumput menjadi molekul yang besar, yakni polymer. Molekul inilah yang kemudian digunakan untuk membuat plastik.


Meski saat ini sudah ada plastik yang dibuat dari zat natural, yakni dari jagung, namun tetap belum bisa diurai oleh alam dalam waktu yang cepat.


Selain mengurangi penggunaan minyak bumi, penemuan ini diharapkan menjadi terobosan bagi masyarakat untuk membuat kompos plastik sendiri di rumah.


Plastik yang terbuat dari minyak membutuhkan ratusan tahun untuk terurai alami, sedangkan bahan plastik dari gula ini hanya memakan waktu bulanan.


Charlotte Williams, salah satu peneliti mengatakan penemuan ini sangat menjanjikan. "Saya optimis temuan ini bisa dipakai dalam 2 sampai lima tahun mendatang," kata dia.


Sekitar 7 persen minyak dan gas bumi dialirkan ke industri pembuatan plastik dengan produksi sekitar 150 juta pertahun. Dan hampir 99 persen plastik saat ini dibuat dari minyak fosil itu.



sumber:http://kosmo.vivanews.com/news/read/130783-ditemukan__plastik_dari_gula

noreply@blogger.com (Nugum) 18 Jul, 2011


--
Source: http://nugum.blogspot.com/2011/07/ditemukan-plastik-dari-gula.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Poskan Komentar