Gempa Jepang, Termahal dalam Sejarah
Memuat...

Gempa Jepang, Termahal dalam Sejarah

Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat,
silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain. AYO.. Beritahu Teman- teman kita
Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Kerugian dalam enam bulan pertama saja mencapai Rp2.271 triliun.


Warga Jepang memperingati tragedi gempa dan tsunami, 11 April 2011 (AP Photo/Kyodo News)

Dalam Dunia Kitta--Bencana gempa bumi yang terjadi di Jepang pada Maret 2011 silam membuat tahun 2011 menjadi tahun termahal untuk kasus bencana alam. Pernyataan ini dikeluarkan oleh perusahaan asuransi terbesar di dunia asal Jerman, Munich Re.

Jumlah kerugian untuk enam bulan pertama saja sudah mencapai US$265 miliar atau sekitar Rp2.271 triliun, mengalahkan catatan kerugian akibat bencana alam Badai Katrina pada tahun 2005 yang hanya menghabiskan US$220 miliar dan memakan korban jiwa sebanyak 1.800. Untuk diketahui, APBN Indonesia baru lewat sedikit dari Rp1.000 triliun.

Namun dalam hal kerugian asuransi, gempa bumi Jepang hanya menghabiskan US$30 miliar, yang berarti masih di bawah Badai Katrina.

Akan tetapi, jumlah kerugian gempa bumi Jepang lebih dari lima kali lebih tinggi jika dibandingkan 10 tahun terakhir. Kerugian perusahaan asuransi dari asuransi dan reasuransi adalah sekitar US$60 miliar, hampir lima kali rata-rata sejak tahun 2001.

Gempa 9 skala Richter yang terjadi pada 11 Maret 2011 silam di Jepang tak hanya menyebabkan kerugian 210 miliar euro, tetapi juga korban jiwa 15.500 orang. Hal inilah yang menjadikannya sebagai bencana alam termahal yang telah tercatat selama usia bumi.

Menurut Munich Re, akumulasi ekstrim dari sebuah bencana alam pada enam bulan pertama sangat jarang terjadi karena biasanya kerugian enam bulan pertama lebih rendah dari enam bulan terakhir. Hal ini disebabkan oleh adanya badai di Atlantik Utara dan topan di Pasifik.

Bencana alam termahal pada tahun 2011 berikutnya adalah gempa bumi yang mengguncang Christchurch, Selandia Baru, pada Februari silam. Gempa bumi tersebut menyebabkan kerugian sebesar US$20 miliar.
Sementara kerugian gempa dan tsunami di Aceh pada Desember 2004, seperti dicatat Bank Dunia adalah US$4,5 miliar. Bencana itu menyebabkan hampir 200 ribu orang tewas, dan sejumlah infrastruktur di sepanjang pantai barat Aceh hancur.


sumber : http://dunia.vivanews.com/news/read/232859-bencana-alam-ini-termahal-dalam-sejarah

noreply@blogger.com (zeyd amanu gilang gemara) 13 Jul, 2011


--
Source: http://dunianyakitta.blogspot.com/2011/07/gempa-jepang-termahal-dalam-sejarah.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Poskan Komentar