Lubang Hitam Raksasa Terlempar Dari Galaksinya
Memuat...

Lubang Hitam Raksasa Terlempar Dari Galaksinya

Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat,
silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain. AYO.. Beritahu Teman- teman kita
Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Sebuah penelitian menunjukkan sebuah lubang hitam berukuran besar telah terlempar dari galaksi asalnya. Para astronom menyatakan lubang hitam yang biasanya terlihat bersembunyi di pusat galaksi tersebut kini tengah melesat cepat ke luar galaksi.


Pengusiran lubang hitam tersebut terjadi di jarak satu setengah miliar tahun cahaya dari Bumi. Hal tersebut terungkap berkat pengamatan rutin yang dilakukan fasilitas observatori X-Ray Chandra.


Meskipun lubang hitam tidak bersinar, namun benda-benda luar angkasa yang mereka telan memanas sehingga memancarkan radiasi yang ditangkap oleh teleskop X-Ray tersebut. Cahaya yang ditangkap teleskop X-Ray tersebutlah yang biasanya ditemukan para astronom di pusat galaksi. Tapi, kini cahaya itu bergeser ke tempat lain.


Lubang hitam raksasa tersebut dapat memiliki massa lebih dari satu miliar matahari. Hanya, bagaimana lubang hitam mengumpulkan massa ini yang tidak diketahui hingga sekarang.


Beberapa astronom meyakini lubang hitam raksasa terbentuk ketika dua lubang hitam kecil bertabrakan. Berdasar kecepatan dan arah rotasi dua lubang hitam sebelum mereka menyatu, mungkin saja lubang hitam raksasa yang terbentuk terlempar ke luar galaksi.


Mempelajari bagaimana terlontarnya lubang hitam tersebut diyakini para astronom dapat memberikan banyak petunjuk untuk mengerti proses terbentuknya lubang-lubang hitam raksasa di masa mendatang.


Sumber : www.mediaindonesia.com

noreply@blogger.com (Nugum) 30 Jul, 2011


--
Source: http://nugum.blogspot.com/2011/07/lubang-hitam-raksasa-terlempar-dari.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Poskan Komentar