Manfaat Berpuasa
Memuat...

Manfaat Berpuasa

Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat,
silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain. AYO.. Beritahu Teman- teman kita
Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan bagi kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan bagi orang-orang sebelummu, agar kamu bertakwa" 
[Al Baqarah:183]

Pasti udah pada tau kan sama salah satu ayat Al-Quran diatas? Udah familiar banget dong pastinya, soalnya udah dari jamannya SD, ayat tersebut menggema dan sering banget muncul disebuah artikel ataupun tulisan-tulisan lainnya setiap menjelang bulan Ramadhan. (termasuk yang sedang Aku lakukan sekarang wkwk)

Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang penuh nikmat, penuh barokah, dan rahmat dari Allah SWT. Coba kita lihat lagi orang-orang yang udah ga bisa berpuasa lagi tahun ini? Jadi bersyukurlah bagi kita semua karena kita masih bisa menyambut bulan yang penuh hikmah dan pengampunan ini.

Dari ayat diatas udah jelas banget bahwa puasa itu diperintahkan langsung oleh Allah SWT melalui kitab suci Al-Quran dan diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada kita sebagai umat Islam. Ga hanya disampaikan, tapi juga WAJIB untuk kita laksanakan. *ingat! puasa juga masuk dalam salah satu Rukun Islam :)*
Jangan ragu-ragu untuk berpuasa, jangan takut kalau kita itu ga sanggup buat berpuasa. Toh, selama ini apa ada di berita atau koran yang memberitakan bahwa ada orang yang meninggal gara-gara berpuasa??
Malah puasa itu memberikan banyak manfaat bagi kita semua, dan di bidang kesehatan pun udah mengakui nya :D

Ga percaya?
Aku sengaja googling buat nyari informasi dan akhirnya Aku dapet info tentang Begitu Besarnya Manfaat Puasa Bagi Kesehatan .
Silahkan di baca...
SEMOGA BERMANFAAT :)



Puasa Sebagai Trilogy Nutrisi
Menurut Elson M. Haas M.D. Direktur Medical Centre of Marin (sejak 1984). Dalam puasa terdapat proses cleansing dan detoksifikasi. Puasa juga merupakan bagian dari Trilogy Nutrisi; balancing, building dan toning. Elson percaya bahwa puasa adalah bagian yang hilang "missing link" dalam diet di dunia barat. Kebanyakan orang di barat over eating atau terlalu banyak makan, makan dengan asupan protein dan lemak yang berlebihan.
Puasa, selain merupakan aktifitas ibadah yang dipercaya mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh,  diantaranya dapat mengobati penyakit seperti:
- Influeza
- Bronkitis
- Diare
- Konstipasi
- Alergi makanan
- Astma
- Aterosklerosis
- Penyakit jantung koroner
- Hipertensi - Obesitas
- Kanker
- Epilepsi
- Sakit pada punggung
- Sakit mental
- Angina pectoris (nyeri dada karena jantung),
- Panas dan insomnia.
- Diabetes, dll.

Manfaat puasa secara umum:
• Mengistirahatkan Saluran Cerna
• Bisa Menurunkan Berat Badan
• Mencegah Hipertensi
• Meningkatkan Imunitas
• Menekan Kadar Kolesterol
• Mengendalikan Gula Darah
• Mempertahankan tubuh dari toksinasi
• Mencegah berbagai kemungkinan penyakit yg disebabkan oleh makanan
• Meningkatkan kesadaran rasa
• Melatih pikiran jernih (Psikologis terjaga)
• Membantu proses autolisis (proses autolisis yang oleh sebagian ahli dipandang sebagai program pengaturan mekanisme selular organ-organ tubuh ini, autolisis akan berfungsi dalam pembuangan sel-sel yang sudah rusak dan mati,)

Puasa Menurut Para Ahli Kesehatan
PUASA memiliki banyak hikmah dan manfaat untuk tubuh, ketenangan jiwa, dan kecantikan. Saat berpuasa, organ-organ tubuh dapat beristirahat dan miliaran sel dalam tubuh bisa menghimpun diri untuk bertahan hidup. Puasa berfungsi sebagai detoksifikasi untuk mengeluarkan kotoran, toksin/racun dari dalam tubuh, meremajakan sel-sel tubuh dan mengganti sel-sel tubuh yang sudah rusak dengan yang baru serta untuk memperbaiki fungsi hormon, menjadikan kulit sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh karena manusia mempunyai kemampuan terapi alamiah.
  1. Allan Cott, M.D.,
    Seorang ahli dari Amerika, telah menghimpun hasil pengamatan dan penelitian para ilmuwan berbagai negara, lalu menghimpunnya dalam sebuah buku "Why Fast" yang membeberkan berbagai hikmah puasa, antara lain:
    1. To feel better physically and mentally (merasa lebih baik secara fisik dan mental).
    2. To look and feel younger (melihat dan merasa lebih muda).
    3. To clean out the body (membersihkan badan)
    4. To lower blood pressure and cholesterol levels (menurunkan tekanan darah dan kadar lemak.
    5. To get more out of sex (lebih mampu mengendalikan seks).
    6. To let the body health itself (membuat badan sehat dengan sendirinya).
    7. To relieve tension (mengendorkan ketegangan jiwa).
    8. To sharp the senses (menajamkan fungsi indrawi).
    9. To gain control of oneself (memperoleh kemampuan mengendalikan diri sendiri).
    10. To slow the aging process (memperlambat proses penuaan).
  2. Dr. Yuri Nikolayev Direktur bagian diet pada Rumah Sakit Jiwa Moskow menilai kemampuan untuk berpuasa yang mengakibatkan orang yang bersangkutan menjadi awet muda, sebagai suatu penemuan (ilmu) terbesar abad ini
  3. Alvenia M. Fulton Direktur Lembaga Makanan Sehat "Fultonia" di Amerika Serikat menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik wanita secara alami. Puasa menghasilkan kelembutan pesona dan daya pikat.
  4. Riyad Albiby and Ahmed Elkadi Mengatakan Puasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau imun system terhadap berbagai penyakit. Ditunjukkan dengan peningkatan fungsi sel limfa yang memproduksi sel limfosit T yang secara significan bertambah, setelah puasa.
  5. Sulimami Mengatakan bahwa untuk penyakit seperti diabetes sekalipun puasa ramadhan tidak akan berbahaya, malah memberikan banyak manfaat (Sulimami, dll, 1988: 549-552).
  6. Jalal Saour Berpendapat bahwa berkurangnya cairan pada puasa akan menurunkan heart rate atau kerja jantung, pencegahan terhadap penggumpalan darah yang termasuk penyebab serius panyakit jantung.(Jalal, Riyad,1990)
  7. Muzam MG, Ali M.N dan Husain Berpendapat bahwa puasa juga aman untuk pasien yang mempunyai gangguan ulcer pada lambung. Penelitian dilakukan oleh Muzam MG, Ali M.N dan Husain dalam observasi terhadap efek puasa ramadhan terhadap asam lambung.
  8. Elson M. Haas M.D Direktur Medical Centre of Marin (sejak 1984) mengatakan dalam puasa (cleansing dan detoksifikasi) merupakan bagian dari trilogy nutrisi, balancing, building( toning). Elson percaya bahwa puasa adalah bagian yang hilang "missing link" dalam diet di dunia barat. Kebanyakan orang di barat over eating atau terlalu banyak makan, makan dengan protein yang berlebihan, lemak yang berlebihan pula. Sehingga ia menyarankan agar orang lain mulai mengatur makanannya agar lebih seimbang dan mulai berpuasa, karena puasa bermanfaat sebagai: purifikasi, peremajaan, istirahat pada organ pencernaan, anti aging, mengurangi alergi, mengurangi berat badan, detoksikasi, relaxasi mental dan emosi, perubahan kebiasaan dari kebiasaan makan yang buruk menjadi lebih seimbang dan lebih terkontrol, meningkatkan imunitas tubuh. dan lebih baik lagi bila dalam pengawasan dokter. Puasa dapat mengobati penyakit seperti Influeza, bronkitis, diare, konstipasi, alergi makanan, astma, aterosklerosis, penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes, obesitas, kanker, epilepsi, sakit pada punggung, sakit mental, angina pectoris (nyeri dada karena jantung), panas dan insomnia.
Fisiologis Puasa
Selama hari-hari pertama puasa, tubuh membakar simpanan gula yang disebut glikogen. Setelah itu, tubuh mulai membakar lemak untuk bahan bakar, sementara otak terus memerlukan gula darah. Di hari selanjutnya, sejumlah jaringan otot dipecah menjadi asam amino yang kemudian diubah oleh hati menjadi glukosa untuk makanan otak.
Setelah itu masuk kondisi yang disebut ketosis, ketika hati mengubah simpanan lemak menjadi zat kimia keton, yang dapat digunakan oleh otak, jantung, dan otot sebagai energi. Selama periode ini, mungkin berat badan berkurang sekitar 1 kg karena pembakaran lemak meningkat, racun-racun dari tumpukan lemak yang dilepaskan ke aliran darah dimetabolisme oleh hati dan ginjal.
Umumnya, sepanjang periode inilah, ketika tubuh sudah beradaptasi dan tidak lagi kelaparan, terjadi peningkatan energi dan kesadaran rasa yang meningkat pula. Peningkatan ini juga mencakup pikiran dan jiwa yang semakin cerah.

dwiismiyanaputri@yahoo.com (dwiip) 30 Jul, 2011


--
Source: http://dwiip.blogspot.com/2011/07/hai-orang-orang-yang-beriman-diwajibkan.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Poskan Komentar