Sulsel Siapkan Wakil Puteri Indonesia 2011
Memuat...

Sulsel Siapkan Wakil Puteri Indonesia 2011

Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat,
silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain. AYO.. Beritahu Teman- teman kita
Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
 bertempat di Gedung Graha Pena Makassar, digelar wawancara bagi 20 peserta yang akan mewakili propinsi Sulawesi Selatan dalam kontes Puteri Indonesia 2011 di Jakarta. Ke-20 peserta merupakan wakil dari masing-masing kota dan kabupaten, yaitu Makassar, Luwu Timur, Bantaeng, Luwu Utara, Bulukumba, Luwu, Wajo, Pare Pare, Gowa, Pinrang, Takalar, Bone, Soppeng, dan Pangkep.
"Sejauh ini saya melihat ada perubahan dari peserta, khususnya dari tingkat rasa percaya diri. Itu saya monitor terus dari waktu ke waktu, dan peningkatannya cukup baik," ungkap ArmanTjitrosubono, selaku Ketua Dewan Juri Puteri Indonesia, saat diwawancarai seusai penjurian.
Untuk juri sendiri ada 5 orang, meliputi perwakilan wartawan, budayawan atau tokoh masyarakat, ada juga dari akademisi dari kedokteran dan juga tentunya dari Yayasan Putri Indonesia (YPI). Untuk kriteria penilaian masih tetap berdasar pada 3B yakni brain, beauty dan behaviour.
"Ketiga kriteria itu tentunya juga bisa berarti sangat luas," tegas ArmanTjitrosubono.
Hal serupa disampaikan oleh Ary Putranto, Ketua Pelaksana Harian Yayasan Puteri Indonesia, saat dimintai komentar soal calon kontestan. Menurutnya saat melakukan tes wawancara, juri sebenarnya sudah bisa melihat unsur 3B itu.
"Tapi kalau untuk saya unsur brain atau wawasan, saya seringkali memberi pertanyaan yang agak menekan, karena saya ingin melihat behavior si peserta pada saat mendapat pressure, apakah dia gugup, atau justru bisa membawa dirinya untuk menjawab dengan lebih baik," ungkapnya.
Dicontohkan, ada beberapa peserta yang tidak aware dengan hal-hal simple yang sifatnya pengetahuan umum. Seringkali peserta yang datang dengan rasa gugup yang tinggi. Ini yang harus dibenahi, karena nanti di tingkat nasional, tantangannya jauh lebih berat lagi.
Rasa kurang percaya diri, diyakini Ary seringkali ada di peserta-peserta yang berasal dari daerah, terutama di luar pulau Jawa, dan hal ini pulalah yang menjadi konsentrasi utama bagi peserta daerah untuk dibenahi.
"Aku gugup banget tadi pas diwawancara sama juri. Sebetulnya sudah banyak belajar, tapi nggak tahu kenapa begitu berhadapan dengan dewan juri, kok sepertinya otak tuh jadi blank, dan semua pertanyaan jadi terdengar sulit untuk aku jawab," ujar Arum Sari, peserta perwakilan dari Luwu Utara.
Ketika ditanya mengenai peluang dari Sulawesi Selatan di tingkat nasional nanti, Ary menjawab optimis. Dia yakin bahwa waktu yang tersedia masih cukup untuk membenahi perwakilan yang akan dikirimkan nanti.
"Ada kurun waktu kurang lebih sampai September, siapapun yang maju ke tingkat nasional nanti, masih punya waktu untuk memperbaiki diri, untuk mempersiapkan persaingan dengan peserta lain di tingkat nasional. Karena data yang masuk sampai saat ini, pesertanya bisa dibilang bagus-bagus. Artinya perlu treatment lebih baik lagi lah untuk ke Jakarta.

noreply@blogger.com (Ipenk) 22 Jul, 2011


--
Source: http://ingatini.blogspot.com/2011/07/sulsel-siapkan-wakil-puteri-indonesia.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Poskan Komentar